horadm November 6, 2017
Jual Buku Anak

Timnas U-19 Indonesia dikabarkan telah menelan rasa pahit saat Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Melawan Timnas Malaysia pada laga Kualifikasi Jual Buku Anak terakhir, Skuat Garuda Nusantara mesti pulang ke tanah air dengan membawa kekalahan telak dengan skor 4-1. Pertandingan yang diselenggarakan di Paju Public Stadium tersebut memulai dengan tempo sedang. Kedua tim tersebut masih nampak berhati-hati dalam membangun serangan di awal-awal laga.

 

Kalah Lawan Malaysia di Jual Buku Anak 2018

Tapi baru selang 7 menit laga berlangsung, msalah datang ke Indonesia ketika Rossy mengganjal Akif di kotak terlarang. Muhammad Hadi yang merupakan eksekutor sukses membuat Rossy pada titik 12 pas sampai Malaysia unggul 1-0 atas Indonesia. Dan tertinggal 1 gol menimbulkan skuat Garuda Nusantara menaikan intensitas serangan mereka. Dan peluang pun tercipta oleh anak asuh Indra Sjafri misalnya saat peluang Asnawi serta Hanis tapi masih urung ada peluang yang mengancam pertahanan gawang Azri.

Pada pertengahan babak pertama tersebut Timnas Indonesia terlihat mebombardir lini pertahanan Malaysia. Peluang-peluang pun secara matang diciptakan oleh Indonesia tapi semuanya berhasil diantisipasi oleh pemain bertahan Malaysia.

Asik menyerang Garuda Nusantara yang pada akhirnya kebobolan di menit 31. Berawal dari skema serangan balik, Akhyar pun berhasil lolos dari jebakan offside ketika menerima umpan dari Hadi. Dan tak perlu merasa kesulitan penyerang Malaysia itu menembakan bola ke gawang Indonesia usai berhadapan satu lawan satu dengan Rossy. Skor pun berganti menjadi 2-0 dan untuk ketertinggalan Indonesia.

Dua menit usai babak pertama usai Indonesia pun berhasil memperkecil ketertinggalan. Berawal dari tangkapan tidak sempurna kiper Malaysia, bola lepas langsung disambar oleh Hanis. Skor 2-1 bertahan sampai turun minum. Tertinggal 1 gol, pelatih Indra Sjafri pun memilih untuk melakukan pergantian di awal babak kedua. Ia meniarik keluar Witan dan menggantikannya dengan Egy Maulana Vikri.

Kendati diperkuat Egy, Indonesia pun justru kembali kebobolan di awal-awal babak kedua. Ini semua diawali pada skema sepak pojok, bola langsung disambar oleh sundulan Shivan Pillay. Malaysia pun memperlebar keunggulan menjadi 3-1.

3 menit berselang Malaysia memperoleh hadiah penalti lagi usai Luthfi melanggar Akhyar di kotak terlarang. Hadi yang pun balik ditunjuk sebagai eksekutor menembakan keras yang kena pada mistar gawang Indonesia sebelum akhirnya bola memantul masuk ke dalam gawang. Skor pun kembali berganti menjadi 4-1 untuk keunggulan Indonesia.

[ Baca Juga: Hengkang dari Chelsea, Charly Musonda Siap ditampung Arsenal ]

Tapi masuknya Egy malah membuat atmosfir aneh pada lini serang Garuda Nusantara. Aksi Individu pemain kelahiran Aceh tersebut memang kerap membuat barisan pertahanan Malaysia kerepotan. Firza pun sempat meneror gawang Malaysia pada menit ke-76 atas tembakan terukurnya dari luar kotak penalti, tapi sayang peluang itu berhasil digagalkan oleh Azri.

Dan tersisa waktu lima menit terakhir sebelum pertandingan kembali berubah. Malaysia yang selama babak kedua sering digempur pun mulai menaikan intensitas serangan. Namun saat wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan skor 4-1 tidak berubah dapat keunggulan Malaysia.

Pertandingan ini adalah pertandingan terakhir Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Dan karenanya kekalahan ini menimbulkan Indonesia dipastikan tidak lolos fase kualifikasi Piala Asia U-19 ini, tapi Indonesia tetap lolos ke putaran final dengan mengenakan jatah sebagai tuan rumah putaran final.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*